Rabu, 08 Juni 2011

Warga Desa Bencah dan PT Timah Capai Kesepakatan Relokasi Lahan, Minta Agar Cetak Sawah Terealisasi Secepatnya

PANGKALPINANG---- Relokasi lahan percetakan sawah masyarakat Bencah yang tumpang tindih dengan rencana pembukaan Tambang Besar (TB) Nudur di Desa Bencah Bangka Selatan sepertinya mulai menemukan titik terang. Setelah melalui proses sosialisasi yang cukup panjang, sepertinya pihak PT Timah dengan masyarakat Bencah, mulai menemukan beberapa kesepakatan.

Pertemuan demi pertemuan dilaksanakan dengan suasana yang kondusif dan penuh nuansa kekeluargaan. Kendati sempat beberapa kali terjadi perdebatan mengenai tapal batas wilayah yang rencananya akan dijadikan sebagai sawah dengan lokasi TB Nudur, namun semuanya berlangsung dengan kepala dingin.

Sebelumnya, pihak PT Timah juga telah memberikan  peta lokasi percetakan sawah tersebut kepada matarakat. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan transparansi kepada masyarakat terkait lokasi tersebut.

Dan akhirnya, pada Sabtu (4/6) pihak PT Timah yang dipimpin langsung oleh Kawilasi Bangka Selatan Sadina Surya, dan masyarakat Bencah yang di pimpin oleh Plt Kades, Fikri melakukan pertemuan di kantor Kepala Desa Bencah, desa Bencah, Bangka Selatan.

Hasil pertemuan tersebut, terlihat sebagian besar dari masyarakat Bencah yang hadir memberikan usulan yang terbaik, yaitu dimana TB Nudur bisa tetap berjalan, dan percetakan sawah juga harus segera berjalan. Masyarakat ingin agar program percetakan sawah tersebut segera terealisasi  secepatnya.

Sementara itu, Kawilasi PT Timah Bangka Selatan, Sadina Surya menegaskan bahwa PT Timah bersedia membantu dalam proses percetakan sawah kepada masyarakat Bencah tersebut. Selain itu, Sadina juga menjelaskan bahwa nantinya PT Timah juga siap untuk memberikan bantuan alat dalam percetakan sawah dan mengucurkan dana CSR kepada Desa Bencah.

Sadina menjelaskan PT Timah beserta masyarakat bahwa dalam waktu dekat akan segera melakukan koordinasi dengan Dinas terkait dalam program percetakan sawah, sehingga dapat segera dibuat master plan percetakan  sawah tersebut.

Kepala Humas PT Timah Wirtsa Firdaus ketika diminta konfirmasinya mengaku gembira dengan hasil kesepakatan ini. “ Perusahaan dari dulu selalu berusaha memperhatikan kepentingan masyarakat Desa Bencah agar tujuan untuk percetakan sawah tetap terealisasi. Ini merupakan bukti bahwa masyarakat Desa Bencah dapat bermusyawarah mencari solusi terbaik, agar kepentingan kedua belah pihak dapat berjalan seiring. PT Timah akan memfokuskan pada pengembangan daerah Bencah terutama program percetakan sawahnya agar dapat berhasil seperti yang diinginkan seluruh warga Desa Bencah, pemdes termasuk Dinas Pertanian Bangka Selatan,” kata Wirtsa.

 

 

 

Tidak ada komentar: