Minggu, 18 April 2010

Dana Eco Park dari CSR dan Reklamasi

PANGKALPINANG, BANGKA POS--Proyek pembangunan Eco Park yang dicanangkan oleh PT Timah Tbk, beberapa waktu lalu baru memasuki tahap pemenangan sayembara News Landscape in Ex-Mining Development Area: Babel Eco Park. Sedangkan pembangunan bentuk fisik merupakan proyek multi year secara bertahap.

“Kita baru mendapatkan 10 besar pemenangnya. Hasilnya sudah kita umumkan kepada pemenang masing-masing,”ujar Anhar Ramli Kepala Administrasi PT Timah Tbk ditemui dikantornya, Rabu (24/3).

Dikatakannya juga pembangunan proyek multi year tersebut di eks tambang 1.9 Desa Riding Panjang, Kabupaten Bangka, akan menelan dana sekitar Rp20 miliar.

Dana tersebut telah disiapkan oleh PT Timah melalui bagian Coorporate Social Responsibility (CSR) sebesar Rp5 miliar, sisanya Rp15 miliar akan ditutupi dari dana reklamasi.

Dana diambil dari dana reklamasi dikarenakan proyek tersebut merupakan salah satu bentuk reklamasi. Bukan hanya sekedar pembangunan biasa. “Proyek ini kan proyek reklamasi eks tambang 1.9. Dana juga kita ambil dari reklamasi. Fasilitas yang akan kita bangun nantinya cukup lengkap,”tandasnya.

Pembangunan zona di Babel Eco Park nantinya antara lain mulai dari edukasi, rekreasi hutan, permainan, hingga zona eco resort di atas lahan seluas sekitar 1.000 hektar.

Setiap waktu akan terus dievaluasi, dimana kekurangan atau apa yang perlu dibenahi dalam pembangunan proyek Rp20 miliar tersebut. “Prosesnya masih lama.

Kita tidak bisa bilang kapan pembangunannya selesai. Kalau ditanya kapan mulai pembangunannya? Ya sudah lama kita mulai, tapi bertahap,”pungkas Anhar.

Sementara itu, Babel Eco Park yang dibangun pada akhirnya dapat menjadi salah satu penduduk program Babel Archipelago 2010 yang dicanangkan oleh pemerintah Provinsi Babel.

Sama halnya pembangunan menara timah di Girimaya, Pangkalpinang. Proyek itu bertahap dan dalam kajian demi kelancaran pembangunananya. “Proyek ini kan sama dengan proyek menara timah.

Dilakukan bertahap dan ada evaluasi. Tidak asal bangun saja, pembangunannya tidak berhenti, tetap terus kita bangun,”tambahnya. (j1)



http://aryani-kreasipikiran.blogspot.com/2010/02/sayembara-eco-park-bangka-belitung-new.html

Tidak ada komentar: