Rabu, 25 Maret 2009

PENCAPAIAN VISI CORPORATE - PERAN STRATEGIS THE NEWS MAKE

Assallamu'allaikum Wr.Wb

Sangat bahagia rasanya penulis dapat mempersembahkan sebuah karya kepada insan insan yang dalam perjalanan hidupnya telah memutuskan berkiprah di dunia bisnis baik berbisnis secara individu maupun dalam bentuk sebuah corporate yang besar. Walaupun dalam tulisan ini lebih menitikberatkan pada pengembangan bisnis di sebuah corporate, kiranya insan bisnis yang berjalan secara individu dapat pula memetik manfaat dari secarik karya yang disampaikan.


Idealnya sebuah bisnis, selalu ingin berkembang dari waktu kewaktu, Seorang pebisnis yang tidak bermimpi untuk mengembangkan corporate yang dipimpinnya adalah seorang pebisnis yang tidak visioner dan dapat diragukan kapabilitasnya sebagai seorang pebisnis. Artinya tidak ada satupun corporate yang tidak ingin mengembangkan bisnisnya.

Banyak hal yang harus dipersiapkan dan dipertimbangkan terkait dengan Pengembangan bisnis sebuah corporate. Kemampuan teknis, financial, legal dan managerial menjadi sarat mutlak yang harus dimiliki sebuah corporate agar komitmen untuk menjalankan visi perusahaan dapat berjalan dengan baik.

Terkait pembentukan image perusahaan, Manajemen komunikasi melalui pembuat berita (The News maker) dan Corporate Social Responsibility yang merupakan bentuk nyata Integritas perusahaan kepada lingkungan merupakan komponen pendukung yang sangat strategis dalam upaya pencapaian tersebut. Seorang pembuat berita tidak dapat dipandang sebelah mata. Bisa jadi sebuah rencana pengembangan bisnis menjadi berantakan hanya karena persoalan pemberitaan yang tidak dapat diterima oleh publik sehingga pengembangan bisnis tesebut menjadi terkendala. Namun dibalik yang lebih penting dari itu semua adalah bentuk fisik/nyata dari kepedulian sebuah korporasi terhadap lingkungannya juga harus di lakukan dengan baik agar sesuai dengan kebutuhan lingkungan.

Pembangunan Industri Tin Chemical oleh PT Timah Tbk yang merupakan bagian dari pengembangan usaha korporasi tersebut merupakan contoh soal yang menarik untuk di kaji lebih mendalam. Polemik berkepanjangan yang berpotensi menggagalkan rencana pengembangan usaha dapat saja terjadi hanya karena image yang kurang baik dan informasi dari perusahaan yang tidak menyentuh kepada publik khususnya masyarakat Bangka Belitung dimana PT Timah Tbk Beroperasi.

Penulis

Muhammad Wirtsa Firdaus

Tidak ada komentar: