Sabtu, 12 Januari 2013

APATISASI 2012 BERAKHIR

Satu Januari Dua Ribu Tiga Belas saya Berada tepat di ujung Timur Pulau Bangka, Tanjung Berikat satu lokasi di wilayah Bangka Tengah (  http://maps.BlackBerry.com?lat=-2.57139&scr_z=0&lon=106.84864 ), angin terasa kencang bertiup dari sisi utara atau timur laut yang mengakibatkan ombak bergelora pukul memukul yang datang silih berganti penuh semangat.  Sementara di sisi selatan air tampak tenang karena terlindung oleh tanjung eksotik ini  dari angin utara. Di sisi Timur, pulau Gelasa tampak angker dan berdiri kokok diam tak bergerak memperhatikan kejadian kejadian di ujung Timur bangka dari waktu kewaktu.

Pulau Gelasa dalam ke angkeran dan diamnya seakan berbisik ke telinga ku, itulah kehidupan Wirtsa, di sekitarmu terdapat ketenangan dan keriuhrendahan sekarang kembali kepadamu, kamu mau memilih yang mana. Saat ini kau berada di ujung semenanjung dan dapat melihat dua hal yang berbeda dalam satu waktu, mudah untuk kamu memilih namun pilihanmu menunjukkan itulah karaktermu.

Wirtsa.. lanjut bisikan pulau Gelasa, terkadang kita menjadi orang orang yang tidak mampu untuk memilih, karena tanpa terasa bisa terikut Arus masuk dunia hingar bingar  atau masuk dunia aman tentram. Golongan golongan seperti ini adalah golongan yang terbanyak di antaramu, oleh karenanya orang orang seperti ini butuh Pemimpin yang Jelas dan bertanggungjawab. "A leader has the vision and conviction that a dream can be achieved.He inspires the power and energy to get it done"~Ralph Nader.

Terasa malas mendengar petuah petuah Pulau Gelasa akupun katakan padanya bahwa kondisi saat ini adalah kondisi susah, carut marut dan terberacai karena memang semua orang di Babel tidak memiliki pemimpin yang jelas. Bagi saya   Pemimpin itu adalah orang yang mampu membuat orang lain berbuat sesuai dengan arah yang telah ditetapkan oleh dirinya.  Kenapa orang lain itu mau berbuat demikian?  Karena Pemimpin itu punya visi,  berkarakter yang jelas(baik atau buruk tidak masalah yang penting jelas),  memiliki kemampuan uintuk mempengaruhi orang lain,  memiliki kecerdasan yang cukup dari sisi intelektual, emosional dan spiritual.... Karena dia faham dengan apa dan untuk siapa dia berbuat...yang jelas seorang pemimpin yang baik tidak akan semata mata berbuat untuk kepentingan pribadi.... Jika itu dilakukan olehnya maka dia adalah Pemimpin yang tidak patriotik...

Tiba terdengar bisikan lirih dari arah pulau gelasa  yang datang bersama pandangan penimur yang semakin samar tertutup deru turunnya angin utara  "Betul bang.., itu kalo ga salah disebut Hukum Navigasi oleh John C Maxwell dlm 'The 21 Irreputable Laws of Leadership"

Kujawab bisikan lirih dan sayup itu "Maaf itu pemikiran saya saja siapapun boleh menyalahkan dan tidak setuju dengan pemikiran saya namun itu tidak akan mengubah pendapat saya tentang seorang pemimpin....masalahnya adalah sebuah kenyataan!!!  saat ini sebagian pemimpin negeri kita ABU ABU alias TIDAK JELAS apa visi dan apa maunya dalam hitungan detik dia bisa berubah pendirian karena terpengaruh dengan lingkungan yang justru itu adalah lingkungan orang orang yang di pimpinnya.... Maka celakalah kita kalau dipimpin oleh orang orang seperti demikian..."

Aku beranjak dari semenanjung sambil berbisik lirih kepada Pulau Gelasa Waduh Terimakasih pulau Gelasa Nan Tinggi saya bangga juga bisa disamakan dengan maxwel karena dari namanya jelas orang tersebut berasal dari negara antah berantah...walaupun saya sebenarnya tak tau siapa dia dan darimana asalnya, ........

Ditengah tengah ke BINCAUAN(bahasa Bangka yang artinya BIMBANG RAGU) itu  tiba tiba ada bisikan lain "KELAK URANG PENYAMUN JANG"


Happy new year selamat berkativitas
Salam Apatis
By Mr. Apatisasi

Tidak ada komentar: