Kamis, 17 Januari 2008

NAPOLEON, ALEXANDER DAN MC ARTHUR

JAnuari 2008 disana ada hari hari yang orang orang sibuk sering bilang "Loong Week End" karena di sana ada "HOLY DAY" umat muslim yang bertepatan dengan hari kamis tanggal 10 Januari 2007, itulah 1 Muharram 1429 H. Mungkin karena besoknya hari Jum'at dan sabtu orang orang kebanyakan libur kerja maka pemerintah memutuskan hari tersebut sebagai hari untuk cuti bersama, kalau kami sering bilang Harpitnas "HAri Kejepit Nasional" jadi dari pada para karyawan meliburkan diri masing masing lebih baik diliburkan saja sekalian oleh pemerintah, mungkin sederhananya begitu.



Empat hari libur, aku harus buat skedul kegiatan kalau tidak mau mati berdiri karena kebingungan. Untungnya hari minggu sudah harus disibukkan dengan gawean sebagai ketua panitia sedekahan(walimahan/perayaan) sunatan dan akikah anak laki lakinya Pak Syahidil Ketua Yayasan Green Babel itu, terus sabtu mendingan ke Kebun saja, masih ada sisa dua hari. Keputusan akhir adalah nonton film, MC Arthur, Alexander dan Napoleon menjadi film pilihan.

Ahhh.... ternyata tepat pilihanku melihat film film tersebut, bukan kah saat ini hari libur karena memperingati the greatest man in the world yang juga the holly man "Muhammad SAW" yang karena satu sebab harus hijrah ke kota MAdinah untuk melakukan dakwah, menyusun strategy, menggalang pengikut serta menyusun kekuatan. Untuk kemudian memulai perjalanan panjang penaklukan JAzirah Arab.


Ketiga tokoh yang terdapat pada film tersebut tentu saja tidak dapat dibandingkan dengan seorang "Muhammad SAW" karena mereka adalah manusia biasa yang berfikir, berbicara dan bertindak atas kemauan sendiri dan paling tidak setelah mendapat pertimbangan dari rekan rekan seperjuangannya. Lain halnya dengan Sang Holly Man yang setiap pemikiran, kata dan perbuatannya selalu dijaga oleh sang Halik Allah SWT pencipta alam semesta. NAmun untuk bahan perbandingan bolehkan kalau saya memabndingkan ketiga orang itu saja, karena tentu saja saya harus aple to aple kalau ingin membanding bandingkan sesuatu.



Persamaan Karakter

MEnghabiskan tiga buah piringan video compact disc dengan film yang seru tentu pekerjaan yang menyenangkan, lupa makan, minum, lupa rumah sampai sampai isteri pun harus teriak teriak kalau mau suruh makan apalagi bersihkan halaman belakang rumah yang memang selalu kotor oleh sisa sisa produksi rumah tangga itu. Tapi tidak sia sia perjuangan ku kali ini menghabiskan tiga film itu, ada beberapa hal yang bisa dijadikan pembelajaran, bahwa untuk menjadi seorang pemimpin/penguasa/komandan seorang harus memiliki kelebihan kelebihan.

Dari ketiga lakon tersebut memiliki persamaan karakter yaitu cerdas, berani, tauladan, mau berkorban untuk orang banyak, tegas, Cepat mengambil keputusan, negosiator ulung dan sedikit kelicikan kalau tidak mau disebut taktis. Tentu saja faktor keberuntungan kenyataannya tidak bisa dilepaskan begitu saja dari keberhasilan orang orang tersebut.

NApoleon, Jenderal yang saat itu tak punya kerja alias bangku panjang itu sangat cerdas membaca situasi yang kebetulan tak kan mungkin datang dua kali yaitu saat kerajaan ingin menumpas kaum demokrat proletar yang tidak puas dengan kerjaannya si LOUIS penguasa perancis waktu itu. Saat jenderal lain bingung untuk ambil keputusan akhirnya napoleon dengan cepat mengusulkan strategy penumpasan, namun para jenderal kembali bingung siapa yang akan melaksanakan akhirnya pihak kerajaan meminta Napoleon untuk melakukannya. Dengan dengan penuh ketegasan dan keberanian Jenderal BAngku Panjang tersebut menerima pekerjaan tersebut namun tanpa ada kesan untuk mengambil alih kekuasaan di ketentaraaan Perancis Sang Napoleon Bernegosiasi.

NApoleon hanya mengatakan sambil lalu dan sedikit kata, karena mungkin dia tahu berada di posisi yang menguntungkan, "Saya tidak dapat melaksanakan ini walaupun saya jenderal karena saya tidak memiliki wewenang terhadap tentara kerajaan". Dalam hitungan detik pihak kerjaan memberikan jabatan strategis dan tinggi kepada Napoleon, yah mungkin kalau sekarang dinegeri BBM ini adalah Kepala Staf Angkatan Darat (mungkin). Dengan kepercayaan penuh yang di perolehnya Napoleon dengan Berani, cerdik, tegas langsung beraksi menumpas para musuh kerajaan tersebut.

HAl yang sama juga dilakukan oleh Alexander diawal karier militernya, walaupun untuk menjadi seorang kaisar Alexander Agung memiliki faktor keturunan dan dalam usia sangat muda telah menjadi kaisar sesaat setelah orang tuanya di bunuh oleh musuh musuhnya. Lalu Mc Arthur yang menjadi Panglima tertinggi di Asia PAcific dan akhirnya memperoleh penghargaan Bintang Lima dari negerinya tersebut juga memiliki persamaan karakter tersebut.

Bersambung.......

1 komentar:

Anonim mengatakan...

bos, foto penganten dari kraton mane tuh?